Siapakah Raja Firaun yang mengaku dirinya sebagai tuhan tersebut? Seperti diketahui, Firaun adalah gelar bagi raja-raja Mesir purbakala. Menurut sejarah, Firaun di masa Nabi Musa adalah Minephtah (1232-1224 SM), putra dari Ramses II.

Seperti yang banyak diceritakan, raja yang memusuhi Nabi Musa AS itu adalah Ramses II, bukan Minephtah. Namun, setelah diselidiki, Ramses II justru merupakan seorang raja yang baik. Ia memerintahkan rakyatnya untuk selalu berbuat adil. Ia memerintah selama 68 tahun pada 1304-1237 SM. Sedangkan, anaknya, Minephtah, dikenal sebagai raja yang sangat kejam. Dialah yang menentang Nabi Musa dan mengaku sebagai tuhan. 
Jasad Fir’aun yg mengejar Nabi Musa as & Bani Israel yang masih utuh tersimpan d sbuah muzium di Mesir. Jasad tersebut telah dilakukan satu bedah siasat oleh sekumpulan pakar perubatan dan forensik di antaranya Prof. Dr. Maurice Bucaille. Bedah siasat yang dilakukan di Perancis itu mendapati bahawa itulah jasad Fir’aun yang telah ditenggelami air yang kemudiannya telah diselamatkan oleh Allah Ta’ala seperti yang dinyatakan di dalam al Quran.